Animasi
Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang
disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan
pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek
yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan,
maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang
lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk
menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek
tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak
berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik
untuk disaksikan.
Apabila
kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan
animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau
juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut
sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan
(motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan
merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton
sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi
sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna
pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Dalam
bidang grafika pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua
kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan penampilan
(appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk
objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat
representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat
visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di
atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan
secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap
waktu. Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris
dan visual ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan
koleksi deskripsi, maka animasi didefinisikan sebagai fungsi yang
memetakan waktu kepada perubahan parameter-parameter dari deskripsi.
Pada gambar yang merupakan citra, animasi didefinisikan sebagai fungsi
yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
Animasi Flash
Ada 2 cara untuk membuat animasi di dalam Flah, animasi frame by frame dan animasi tweening.
Pada animasi frame-by-frame, Anda akan membuat gambar pada setiap
frame. Pada animasi tweening, Anda hanya membuat frame awal dan frame
akhir, sedang Flash akan membuat frame diantaranya (in between). Animasi
tween merupakan cara yang baik untuk membuat gerakan dan perubahan
dalam movie dengan file yang relatif kecil.
Animasi Frame by Frame
Animasi
Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah
gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya.
Pada
materi ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak
melintas pada Stage, merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan
mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi,
diantaranya adalah :
1. Frame dapat
diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang
dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar
tersebut terlihat bergerak .
2. Keyframe adalah
frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada
animasi tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik yang penting di
dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe
yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
3. BlankKeyframe
artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan
apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi
objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Macam-macan Animasi adalah:
Anda
dapat menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti
bentuk lintasan yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk
membuat garis untuk lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon
guide disebelah nama layer.
2. Animasi Margue
Animasi
margue banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari
bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang,
begitu seterusnya.
3. Animasi Transparan
Animasi
transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan
perlahan-lahan lalu menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam
melakukan pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya,
sehingga perpindahan animasi akan terlihat halus.
4. Animasi Fade
Animasi
fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in
(pemudaran ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).
5. Animasi Rotasi
Animasi
rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam,
kincir angin, putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah
jarum jam (CW : Clock Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).
6. Animasi Blink
Blink
adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau
lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik
perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.
7. Animasi Shape
Animasi
ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau
dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering
disebut efek Morph.
Masking
adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan
objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu
dengan objek yang ditutupi.
0 komentar
Posting Komentar